Apa yang Membuat Matahari Tetap Bercahaya?
Sains
Ditulis oleh Resi Nisasuci   
Kamis, 09 April 2009 06:26

 


 

Mungkin sulit bagi kamu untuk mempercayainya, tetapi ketika kamu memandang bintang-bintang yang bersinar pada malam hari dan matahari yang bersinar di siang hari, berarti kamu sedang memandang benda-benda yang sejenis!

Matahari sebenarnya adalah sebuah bintang. Sebenarnya, matahari adalah bintang yang paling dekat ke bumi. Kehidupan kita ini bergantung pada matahari. Tanpa panas matahari, kehidupan tak akan ada di bumi ini. Tanpa cahaya matahari, tidak akan ada tumbuhan-tumbuhan hijau, hewan-hewan dan manusia.

Jarak matahari adalah 93.000.000 mil dari bumi. Volume matahari kira-kira 1.300.000 kali volume bumi. Namun hal yang menarik tentang matahari adalah bahwa matahari bukanlah benda padat seperti bumi.

Kita mengetahuinya dengan cara ini : Suhu di atas permukaan matahari kira-kira 11.000 derajat Fahrenheit. Suhu ini cukup panas untuk mengubah logam atau batuan menjadi gas, jadi matahari pastilah merupakan sebuah bola gas.

Bertahun-tahun yang lalu, para ilmuwan berpendapat bahwa alasan mengapa matahari bersinar, atau menghasilkan cahaya dan panas, adalah karena matahari mengadakan pembakaran. Tetapi matahari memang sudah panas selama ratusan juta tahun, dan tidak ada sesuatu pun yang dapat tetap menyala selama itu.

Dewasa ini para ilmuwan berpendapat bahwa panas matahari adalah akibat dari suatu proses yang sama dengan proses yang terjadi di dalam sebuah bom atom. Matahari mengubah zat menjadi energi.

Ini berbeda dengan pembakaran. Pembakaran mengubah zat dari satu bentuk ke bentuk lainnya. Tetapi ketika zat diubah menjadi energi, sangat sedikit zat yang diperlukan untuk menghasilkan jumlah energi yang luar biasa banyaknya. Satu ons zat dapat menghasilkan cukup energi untuk mencairkan lebih dari satu juta ton batuan!

Jadi jika ilmu pengetahuan itu benar, matahari tetap bersinar karena matahari terus menerus mengubah zat menjadi energi. Dan hanya satu persen dari massa matahari yang diperlukan untuk menghasilkan cukup banyak energi agar matahari tetap panas selama 150 miliar tahun!

Comments
Add New Search
hadian   |125.163.20.xxx |2010-08-02 22:56:48

saya masih pnasaran..??
Write comment
Name:
Email:
 
Website:
Title:
UBBCode:
[b] [i] [u] [url] [quote] [code] [img] 
 
 
:adore::after_boom::amazed::angel::angry:bad_smelly::banzai::barry white::beat brick
:beated::beer::lol::blush::burn joss stick::byebye::canny::choleric::cry:
:dreamer::dribble::dumb:embarrassed:err::evil::eye cancer::face bowling::P
:sure::feel good::go::grinder::had:horny toro:hugging:hungry:kiss:
:kissed::matrix::mia rockt::money::nemoflow::nose bleed::oho::oops::flaster:
:question::red eye::roll eyes::rose::sad::samoaner::secret smile::sexy girl::shame:
:shame 2::shocked::spiderman::stop::surrender::sweat::thumbs up::tired::tooth grin:
 
Please input the anti-spam code that you can read in the image.

3.26 Copyright (C) 2008 Compojoom.com / Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."

 

Menu Utama

Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net monitoring
Madiun

Polling 2

Kategori apa di blog ini yang disukai oleh pengunjung (khususnya Anda) dan harus sering diupdate?
 

Komentar Terakhir